Selasa, 11 November 2008

Etika Berteman

Islam adalah agama yang mengatur manusia demi kebaikan.Dan hidup dengan aturan islam itu bisa tetep asyik klo kita jalani dengan ikhlas.Nah,dalam berteman ada etika yang kudu diperhatikan,supaya berteman itu saling menguntungkan dalam kebaikan dan nggak melanggar hukum syara',lalu ngerusak makna pertemanan itu sendiri.Selain itu ,salah-salah berteman juga ngerugiin diri kita ndiri.
Berikut ini sebagian etika yang kudu kita perhatikan bersama:
1. Berteman boleh dengan capa saja,tapi orang kepercayaan alias sahabat kudu seiman
Kita nggak boleh ngebeda-bedain teman,tapi yang jadi sahabat kita adalah harus orang yang trpercaya lahir maupun batin.maka keimanan adalah garansinya.Ingat.....!!!!!!! Banyak orang beriman percaya bahwa Allah itu mangawasi setiap ucapan dirinya.Sehingga ia nggak bakalan eMber, ngebocorin rahasia sahabatnya.Karenanya cari teman juga yang emang baik agamanya.
2. Jangan ngebedain temen berdasarkan suku bangsa dan status sosial
Kemuliaan seseorang itu nggak bisa diukur berdasarkan suku bangsa seseorang, tapi dari ketaqwaannya.Juga, jangn ketipu dengan penampilan.Ada orang yang kelihatan kaya-emang dia kaya- tapi kelakuannya ngeselin, blagu, sok kuasa, dan ngremehin orang lain.Begitu pula ada yang tampangnya alim padahal mah preman.Kita nggak bisa menlai orang dari penampilan fisik atau sosialnya.Tapi kita baru tahu setelah mengenal dekat kelakuannya dan siapa aja temannya teman kita itu.
3. Bersahabat dengan sesama jenis
Banyak orang ngakun ya bertemen ama lawan jenis,,,eh lama2 kecebur jadi bermesraan.Tapi ngakunya sih masih temenan.Nah,itula resiko bertemen dengan lawan jenis.Wah,,berat kalo kita temenan am lawan jenis, ap bisa kita ngehindar dari ber2an, berbicara dengan mesra, bertatapan yang gimana getow....!!Susah kannnn..... Oleh karenanya islam mengatur agar pria dan wanita bersahabat dengan sesama jenis.
4. Saling menolong dalam kebaikan
Namanya juga temen, ya kudu siap memberikan pertolongan. Pastinya dalam kebaikan. Nggak boleh donk tolong-menolong dalam kejahatan. Misalnya ngebantu temanmu dalam ujian alias nyontek atau ngasih saran cara menaklukkan cwe' dalam 3menit yaitu dikasih uppercut (tinju kleeee.......).
5. Jaga rahasia teman
Ini penting banget....Yang namanya udah berteman akrab, pastinya ada jaga rahasia yang dibicarakan pada kita.Bisa soal keluarganya, masa lalunya, kesehatannya, orang yang diincernya, orang yang g' disukainya,dsb... Jangan sekali2deh kita minta ia membicarakan rahasia pribadinya. Soalnya itu adalah amanah yang kudu dijaga.

Tidak ada komentar: